http://iwan.personal.blogspot.com/

Senin, 27 Desember 2010

Objek Wisata Kisaran



PLTA Siguragura

Bendungan Penadah Air Siguragura (Siguragura Intake Dam) yang terletak di Simorea dan berfungsi sebagai sumber air yang stabil untuk stasiun pembangkit listrik Siguragura. Air yang ditampung di bendungan ini dipergunakan di Stasiun pembangkit listrik Siguragura (Siguragura Power Station) yang berada 200 m di dalam perut bumi dengan 4 unit generator dan total kapasitas tetap dari keempat generator tersebut adalah 203 MW dan merupakan PLTA bawah tanah pertama di Indonesia.
Tipe bendungan ini adalah beton massa dengan ketinggian 47 meter.


AIR TERJUN UNONG SISAPA

Objek wisata air terjun Unong Sisapa terletak di wilayah perbukitan Dusun Aek Silabat, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge ± 60 km sebelah Baratdaya kota Kisaran. Lokasi wisata alam Unong Sisapa dapat ditempuh ± 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor sampai ke Dusun Aek Silabat. Di sekitar air terjun masih terdapat hutan dengan aneka ragam flora dan fauna.

AIR TERJUN SIMONANG-MONANG

Obyek wisata air terjun Simonang-monang terletak di wilayah perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau ± 50 km sebelah Baratdaya kota Kisaran, atau lebih kurang ± 1,5 jam ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Obyek wisata ini dikunjungi wisatawan lokal, dan sampai saat ini belum dikelola secara baik.




HULU SUNGAI ASAHAN

Hulu Sungai Asahan melewati Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan. Kondisi alur sungai yang dipenuhi dengan batu-batuan ditambah aliran sungai yang sangat deras. Derasnya arus air sungai Asahan yang berkecepatan 120 meter kubik per detiknya dengan grade IV – V+ sangat menantang jiwa para petualang. Hulu sungai ini dijadikan tempat penyelenggaraan event nasional dan internasional arung jeram yang dikenal dengan “ASAHAN WHITEWATER FESTIVAL”.





Sumber : http://bloggersumut.net
              http://bersamatoba.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar